Prinsip – prinsip desain ini dikembangkan
oleh dan untuk Tim Pengalaman dan Pengguna Android. Untuk pengembang android
dan desainer, mereka terus mengembangkan pedoman desain ini untuk menjadikan lebih
rinci ke bebagai jenis perangkat. Prisip – prinsip ini sebagai pengangan untuk
para developer android agar tidak menyimpang dengan tujuan.
Prinsip – prinsip Desain :
# Mempesona
a. Menyenangkan
dengan cara yang mengejutkan (delight).
Permukaan yang indah, penempatan animasi yang hati –
hati, atau efek suara yang baik, efek halus
berkontribusi dengan perasaan.
b. Benda nyata
lebih menyenangkan dari pada tombol dan menu. (Real Objects)
Memungkinkan user untuk langsung menyetuh dan
memanipulasi objek dalam aplikasi anda ini dapat memuaskan secara emosiona.
c. Biarkan saya
mebuatnya jadi miliku.(make it mine)
Orang
suka menambahkan sentuhan pribadi karena ini membuat serasa di rumah dan
memiliki kontrol, membuaat ini mungkin dan tidak menghambat tugas utama.
d. Mengenal saya.
(get to know me)
Dari
pada meminta untuk memilih berulang – ulang, menempatak pilihan sebelumnya kan
membuat ini menjadi mudah.
# Meyederhanakan Hidup
a. Tetap Singkat.
Gunakan
frase kalimat yang singkat, kalaimat yang panjang cemderung akan tidak
diperhatikan.
b. Gambar lebih
cepat dari pada Kata.
Pertimbangkan
untuk lebih menggunakan gambar, karena ini akan menjadi lelbih di perhatikan.
c. Memberikan pilihan,
tapi biarkan user yang meilih.
d. Hanya tunjukan
yang dibutuhkan.
Pengguna
akan kesusahan ketika di berika terlalu banyak pilihan. Tampilkan pilihan yang
relevan akan membuat pengguna lebih senang.
e. Selalu tahu
dimana saya.
Membuat
hubungan antar transisi untuk menujukan umpan balik antar tugas – tugas dalam
proses.
f. Jangan pernah
kehilangan
g. Jika terlihat
sama, harus bertindak sama
h. Hanya menggangu
jika itu tidak penting.
# MENAJUBKAN
a. Berika trik
yang bekerja di mana – mana.
Membuat aplikasi anda lebih mudah untuk dipelajari
dengan memanfaatkan pola visual dan memori otak dari aplikasi android yang
lain. Contoh : gerakan mengeser memungkinkan menjadi jalan pintas navigasi yang
baik.
b. Ini bukan
salahku.
Memberikan intruksi jika ada kerusakan, dengan intruksi
atau perintah yang jelas akan membuat orang merasa jelas akan masalahnya dan
apa yang harus dilakukan. Dan segera peraiki lebih baik.
c. Menambahkan dorongna.
Memberikan umpan balik pada saat setelah melakukan
action. Contoh : memberikan efek cahaya halus setelah perpindahan.
d. Do the heavy
lifting for me
Membuat pemula menjadi seperti ahli dengan
memungkinkan mereka untuk melakukan hal – hal yang tidak pernah terpikirkan. Contoh
: jalan pintas yang menggabungkan dengan efek foto.
e. Membuat hal –hal
penting lebih cepat.
Tidak semua tindakan yang sama. Memutuskan apa yang
penting Dallam aplikasi dan membuatnya mudah dan cepa untuk digunakan. Contoh:
tombol shutter di kamaera atau tommbol pause di pemutar music.
source from http://developer.android.com
















0 Komentar untuk "Android Design Principles"